17 Nov
kota_mekkah

Jamaah Harus Mengetahui Keutamaan Dari Kota Makkah (Tausyiah)

Selain melaksanakan ibadah umroh di Mekkah, disana masih ada tersisa beberapa hari yang kita bisa kita pergunakan untuk memaksimalkan ibadah kepada Allah SWT. Biasanya jadwal umroh 9 hari digunakan untuk perjalanan 2 hari sisanya 3 hari di Madinah dan 4 hari di Makkah.  Oleh karena itu penting juga jamaah mengetahui keutamaan kota Mekkah supaya kita bisa menjunjung tinggi adab selama berada di kota ini. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan mengapa kota mekah adalah termasuk kota utama dalam agama islam:

Keutamaan kota Mekah

Kota Mekah atau Mekkah atau Makkah al mukarramah yang biasa disingkat  dengan Makkah adalah negeri Allah yang suci. Oleh karena itu kita biasa menyebut pergi ke Mekkah dan Madinah dengan pergi ke tanah suci. Mekkah adalah tempat turunnya wahyu ilahi, sumber risalah, tempat paling suci yang ada di muka bumi ini, kota yang paling dicintai Allah SWT dan rosulnya shallallahu alaihi wa salam.

Allah SWT memilihnya untuk menjadi lokasi rumahnya yang suci dan tempat tinggal untuk nabi Ismail alaihisalam dan tempat kelahiran penutup para nabi: Muhammad shallahu alaihi wa sallam.  Mekah adalah kiblat kaum muslimin, tempat berpautnya hati mereka, tujuan haji dan umroh,. Allah mengkhususkan Mekah dengan kemulian darinya di dalam alquran dan dia menjadikannya kota suci yang aman sampai hari pembalasan. Telah banyak nash-nash yang menjelaskan keutamaan kota mekkah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Terdapat rumah Allah SWT didalamnya, Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk beribadah adalah Baitullah yang ada di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk untuk semua manusia (Ali Imron: 96)

b. Dilipatkan pahala sholat didalamnya, diriwayatkan dari Jabir rodiyallahu bahwa Rosululloh shallahu aaihi wa salam bersabda: Shalat di masjidku lebih baik dari seribu shalat di selainnya kecuali di Masjidi Haram dan shalat di Masjidi haram lebih baik dari seratus ribu shalat selainnya.

c. Dijadikannya sebagai tanah haram (suci) dan aman, Allah berfirman:

Barang siapa memasukinya menjadi amanlah dia (Ali Imron: 97)

Dan telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas rodiyallohu anhuma bahwa nabi bersabda pada hari penaklukan kota mekah:

Sesungguhnya negeri ini Allah ta’ala mengharamkannya sejak hari penciptaan langit dan bumi, dan dia tetap haram dengan pengharaman dari Allah ta’ala sampai hari kiamat. Dan sesungguhnya tidaklah dihalalkan peperangan didalamnya untuk seseorang sebelumku, dan tidaklah dihalalkan bagiku kecuali sesaat saja dari siang hari maka dia tetap haram dengan pengharaman Allah ta’ala sampai hari kiamat.

d. Dilipat gandakan rizki didalamnya, Allah ta’ala berfirman;

Dan apakah kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram (tanah suci ) yang aman, yang didatangkan ketempat itu buah buahan dari segala macam (tumbuh-tumbuhan) untuk menjadi rezeki bagimu dari sisi kami? Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui (alqashash: 57)

Dan didalam hadist shahih rosululloh shallahu alaihi wasalam :

Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan kota Mekah tanah haram dan berdoa meminta barokah bagi kota Mekkah. Dan aku menjadikan Madinah sebagai tanah haram sebagaimana Ibrahim menjadikan Mekkah sebagai tanah haram. Aku mendoakan barokah bagi kota Madinah pada mud dan sha nya dua kali lipat seperti doa nabi Ibrahim bagi Mekkah.

e. Diselamatkan dari Dajjal. Dari Anas rodiyallahu anhu bahwa nabi shallahu alaihi wasalam bersabda;

Tidak ada satu negeripun melainkan akan diinjak oleh dajjal kecuali Mekkah dan Madinah, tiada jalanpun dari jalan-jalnnya kecuali dijaga oleh malaikat yang berbaris.

f. Iman akan kembali ke Mekkah, seperti sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar rodiyallahu anhumma bahwa nabi shallahu alaihi wa salam bersabda:

Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana semula. Dan dia akan kembali berlindung di dua masjid sebagaimana ular yang kembali ke berlindung ke lubangnya. Imam Nawawi berkata yang dimaksud 2 masjid adalah Masjid Mekah dan Madinah. Demikian artikel tentang keutamaan Kota Mekah, supaya kita bisa beribadah dengan baik disana.

Sumber : tatacaraumroh.net

Tags:

About Post Author

Leave a Reply