08 Des
umroh-by-ettihad

Cara Gampang Agar Dapat Berangkat Umroh

Sebagai orang islam tentunya punya harapan bisa mengunjungi kota suci mekah dan madinah untuk melaksanakan ibadah Haji atau umroh. Permasalahannya tentu saja karena biaya melaksanakan haji dan umroh yang cukup besar walaupun menabung sekalipun tidak mudah bagi setiap orang islam untuk melakukannya.

Kenyataannya tidak setiap orang yang berhasil melaksanakan ibadah umroh adalah orang kaya, banyak juga yang dari masyarakat yang sederhana. Bisa karena keinginan kuat akhirnya bisa menabung sedikit-demi sedikit. Atau bisa juga karena bantuan orang lain yang memberangkatkannya. Orang lain disini bisa anak, orang tua ,mertua dan juga lainnya-lainnya. Setidaknya kalo memang kita punya keinginan yang kuat untuk pergi ke tanah suci untuk berumroh ada yang bisa kita lakukan selain menabung adalah dengan cara berdoa agar Allah mempermudah keinginan kita supaya bisa memenuhi panggilannya.

Berikut ini cara doa agar gampang umroh :

1. Berdoa setelah sholat fardu.

Sholat lima waktu adalah wajib hukumnya bagi orang islam. Berdoa setelah sholat lima waktu termasuk juga doa yang mustajabah. Berikut ini hadist yang memperkuat pernyataan di atas:

Dari Abu Umamah, dia berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. at-Tirmidzi)

2. Doa di sepertiga malam terakhir.

Di akhir malam yang sunyi adalah saat yang tepat untuk kita bangun sholat tahajud dan berdoa agar diberi kemudahan dan menemukan cara gampang melakukan ibadah umroh. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah Tabaraka wataa’la turun ke langit dunia pada setiap malam, yaitu pada 1/3 malam terakhir seraya berfirman, ‘Siapa yang berdo’a kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya akan Aku berikan dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari terbaik di setiap minggunya. Di hari ini ada waktu dimana doa dikabulkan oleh ALLoh. Sebagaimana hadit rosululloh shallahuaalaihi wasalam:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menuturkan perihal hari Jumat lalu beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

4. Mengiringi Doa dengan amalan terbaik kita. Setiap orang biasanya punya kelebihan sendiri-sendiri dalam beramal. Misalnya rajin sholat jamaah di masjid, rajin membaca alquran atau punya amalan dzikir yang istiqomah kita kerjakan. Nabi dalam banyak kesempatan banyak ditanya oleh para sahabat tentang amalan apakah yang paling utama?  Maka Nabi menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda melihat dari kondisi si penanya. Dalam suatu kesempatan ketika Nabi ditanya tentang amalan yang paling baik? maka nabi menjawab Sholat tepat pada waktunya. Di kesempatan lain nabi menjawab  amalan yang paling baik adalah Al haallul murtahilu yaitu membaca alquran dari awal sampai akhir kemudian setelah selesai segera memulainya lagi dari awal. Di kesempatan lain lagi menjawab amalan yang paling baik adalah yang kontinyui atau istiqomah.

semoga Alloh benar-benar mempermudah kita bisa pergi ke Tanah suci untuk melakukan ibadah Umroh.

Sumber : tatacara.net

Tags:

About Post Author

Leave a Reply