16 Jan
umrah-musim-dingin

Jaga Kesehatan dan Stamina Saat Ibadah Umrah Pada Bulan-Bulan Ini

Bagi masyarakat muslim Indonesia yang hendak menunaikan ibadah umrah pada bulan-bulan ini (Desember-Februari), diminta untuk menjaga kesehatan dan stamina serta mempersiapkan beberapa hal yang diperlukan selama berada di Tanah Suci.

Demikian himbauan ini Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Arab Saudi yang disampaikan oleh ketuanya, Imam Khairul Annas, sebagaimana dalam keterangan resminya yang diterima hajiumrahnews.com pada Kamis (1/12).

“Mengingat cuaca di Tanah Suci sekarang akan atau telah memasuki musim dingin, dimana udara dan angin yang dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh,” katanya.

Maka dari itu, kata Imam, PPMI Arab Saudi menghimbau kepada para calon jamaah umrah untuk memperhatikan hal-hal berikut :

1. Membawa perlengkapan musim dingin seperti; jaket, kaos kaki, sarung tangan, masker, penutup telinga, lipgloss, cream kulit dan lain-lain sesuai kebutuhan. (dengan memperhatikan pakaian ketika berihram nanti).

2. Memperbanyak minum air putih (walaupun tidak merasa haus), sebab udara dingin sering menyebabkan kita merasa tidak haus, padahal tubuh butuh cairan. Terkhusus dengan meminum Air Zamzam.

3. Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula berlebihan dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin (dari kulkas).

4. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan suplemen alami serta perbanyaklah bergerak.

5. Jangan sekali kali menganggap remeh udara dan angin dingin yang ada, dan jangan juga menganggap enteng sakit ringan.

6. Pastikan suhu udara sebelum keluar kamar. (apabila suhu relatif rendah, persiapkan jaket yg agak tebal, apabila suhu relatif tinggi, sediakan jaket yang lebih tipis)

7. Membawa makanan ringan (seperti roti dll) di dalam tas pegangan ketika perjalanan terbang ke Arab Saudi, untuk kebutuhan jika proses di imigrasi Bandara terasa lama, maka sudah siap dengan makanan ringan tadi untuk sedikit membantu.

8. Selalu mematuhi Himbauan pemerintah Arab saudi yang berkaitan dengan cuaca ataupun himbauan lainnya.

“Semoga Allah memberikan kita keberkahan dan kesehatan kapanpun di musim apapun, serta menjadikan ibadah umrah bapak dan ibu sekalian menjadi umrah yang mabrur,” pungkasnya.

Sumber : hajiumrahnews.com

Tags:

About Post Author

Leave a Reply