27 Jan
selfi saat haji atau umrah

Hukum Berfoto/Selfie Saat Menjalankan Ibadah Haji Maupun Umrah Di Baitullah

Zaman semakin canggih, perlengkapan bukan hanya untuk kegiatan ibadah saja (Haji dan Umrah), namun untuk dokumentasi dan kenang-kenangan menjadi hal yang tidak kalah penting dewasa ini.

Seperti halnya kegiatan berselfie/foto di Baitullah. Ada sisi positif dan negatifnya. Positifnya ialah untuk mereka sanak keluarga dan tetangga yang di tinggalkan, akan percaya bahwa memang anda sedang menjadi tamu Allah SWT, namun untuk hal negatifnya ialah, lalai dan membuang waktu, misalkan memfoto diri sendiri ketika ia sedang sholat, memfoto diri sendiri ketika ia sedang sedekah, memfoto diri sendiri ketika ia sedang Umrah, memfoto foto diri sendiri ketika ia sedang wukuf dipadang arafah, dan berbagai macam jenis-jenis selfie saat sedang melakukan ibadah.

Apapun itu pertimbangannya, namun yang terpenting ialah tujuan kita ke Baitullah. Ini adalah beberapa ayat yang bisa menjadi pertimbangan jamaah dalam melakukan kegiatan berfoto/selfie, antara lain :

Allah SWT berfirman :

Hadits-Tentang-Selfie-1

Dari Syaikh Abdurrahman bin Nashir as Sa’di, r.a. menafsirkan yakni “tersembunyi” bermakna {” (bahwa dalam beribadah hendaklah) tidak terang benderang dan tidak dijelaskan karena takut darinya perbuatan Ria’, tetapi dikerjakan tersembunyi hanya tulus karena Allah SWT “}.

Allah SWT berfirman :

Hadits-Tentang-Selfie-2

Dari penjelasan di atas maka dapat dikatakan bahwa di dalam beribadah itu tidaklah harus secara terang benderang, dalam arti lain seseorang dalam beribadah itu dilakukan secara rahasia, cukup Allah SWT yang tahu perihal ibadah kita.

Dalam beribadah hendaknya dilakukan secara khusu’ dan benar-benar yakin akan ke Esaan Allah SWT. Karen sejatinya ibadah tersebut hanya ada antara seorang hamba dengan Allah SWT saja, tidak dikerjakan secara terang-terangan, dan tidak pula dikerjakan secara Ria’.

Oleh karena itu, janganlah jamaah umbar-umbar kebaikan yang jamaah lakukan di sana, kebaikan dalam beribadah kepada-Nya. Dan marilah kita sembunyikan amal ibadah kita sebaik mungkin, sebagai mana kita menyembunyikan dosa kita dari mereka.

 

Tags:

About Post Author

Leave a Reply