22 Feb
jamaah-berdoa

Bacaan Talbiyah Untuk Para Calon Tamu Allah SWT, Jangan Sampai Terputus.

Ketika melaksanakan ibadah haji atau umrah diperjalanan kita dianjurkan untuk banyak membaca bacaan Talbiyah. Jika ditanya kenapa harus seperti itu? Jawabannya karena tentu saja ini ada hubungannya dengan sejarah haji dan umrah itu sendiri. Ketika selesai membangun Ka’bah maka Allah SWT memerintahkan nabi Ibrahim untuk memanggil seluruh umat manusia untuk menunaikan ibadah haji dan umrah sebagaimana yang tercantum dalam Alquran:

QSAlHajj27

Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa seruan nabi Ibrahim tersebut didengar oleh semua orang dan semuanya mengucapkan Labbaik yang artinya aku datang dan Labbaik inilah yang diucapkan oleh jamaah haji dan umrah yang terkenal dengan sebutan talbiyah haji dan umrah.

talbiyyah_1

Artinya:

Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah SWT, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji nikmat, dan segenap kekusaan adalah Milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.

Orang yang ditakdirkan oleh Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah ketika mendengar seruan itu akan menjawabnya dengan ucapan Labbaik. Hadist lain menyebutkan barangsiapa mengucapkan Labbaik pada waktu itu baik ia sudah lahir ke alam dunia atau masih di alam arwah, ia pasti akan menunaikan ibadah haji.

Disebutkan  dalam hadist lain, barang siapa yang mengucapkannya Labbaik satu kali maka ia akan dapat berhaji satu kali, yang mengucapkannya dua kali maka ia kan dapat menunaikan haji dua kali dan begitu seterusnya  yaitu seberapa banyak orang itu mengucapkan Labbaik maka sebanyak itulah ia akan dapat menunaikan ibadah haji dan umrah.

Semoga jiwa-jiwa kita termasuk orang yang berulangkali mengucapkan Labbaik. Amien ya rabbal alamien.

Sumber : tatacaraumroh.net

Tags:

About Post Author

Leave a Reply