umroh saat ramdhan

Jaga Lisan Di Tanah Suci Agar Tidak Terkena Tegur Dari Allah SWT

Melaksanakan rukun Islam yang ke lima merupakan dambaan umat Islam di seluruh dunia. Kenikmatan ibadah dan mengharap ridha dari Allah merupakan tujuan dari melaksanakan ibadah haji dan umrah.
Setiap orang memiliki cara dan cerita yang berbeda ketika di Tanah Suci. Seperti Rosnani misalnya, wanita asal Cirebon yang pernah berangkat umrah pada tahun 2010, ia bisa menunaikan ibadah umrah karena hadiah dari puteranya.
Ia pun memiliki pengalaman spiritual yang membuatnya tersadar sampai saat ini. Ketika umrah di hari keempat, Rosnani bersama rombongan travelnya melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjidil Haram.

Namun, pagi ini ia merasakan lelah yang luar biasa berbeda seperti hari-hari sebelumnya, mungkin karena usianya yang sudah lanjut.

“Aku sempat menggerutu ketika shalat, enggak khusyuk banget deh. Imamnya baca surat panjang, aku lupa surah apa waktu itu. ya di sana kan setiap shalat bacaannya satu juz. Aku gerutu ini imam gak tau diri banget sih! Enggak ngeliat makmum banyak yang lanjut usianya dan banyak juga kan nenek kakek yang pakai kursi roda,” kata dia yang Sepanjang shalat hatinya terus menggerutu.

Hingga usai shalat subuh, ia bersama rombongan hendak pulang ke hotel tapi tidak menemukan jalan pulang. Hatinya semakin kesal dan semakin kelelahan. “Jalan ke hotel kami lebih dekat ke pintu masuk utama, kami terus keliling-keliling enggak juga menemukan jalan keluar,” ujarnya.

Ada salah seorang dari rombongannya berkata “Aduh!! Ini dosa apa ya Allah, sampai enggak bisa menemukan jalan pulang”.

Rosnani menjawab “Mungkin ini dosa saya kali pak, tadi selama sholat saya gerutu dan mencela imamnya.”

Satu rombongan beristighfar sampai ada nenek-nenek yang menangis karena terlalu kelelahan mencari jalan pulang. Ia pun terus beristighfar memohon ampun pada Allah, hampir satu jam setelah ia dan rombongan menyadarkan diri dan beristighfar baru lah mereka dapat menemukan jalan pulang.

“Kami dapat jalan pulang di arah Shafa Marwah, padahal udah berkali-kali kami lewati itu. entahlah memang harus jaga lisan ketika disana.”

Selain itu ia juga mendapatkan pengalaman yang penuh hikmah, selama disana banyak sekali orang yang memberikannya makanan. Sampai pernah dikejar-kejar oleh orang Arab yang hendak memberikannya makanan.

“Aku sempat takut tapi ketika ingat, mungkin ini balasan dari Allah. maaf bukan aku riya tapi aku memang sering memberikan makanan ke pedagang yang lewat depan rumah ku, siapa aja suka aku panggil dan aku kasih makanan. Ya Alhamdulillah pas disana aku gak perlu beli makan bahkan oleh-oleh pun banyak yang kasih” ungkapnya.

Banyak hikmah yang ia rasakan setelah ibadah umrah, ia lebih berhati-hati menjaga ucapan dan menerima segala keadaan dengan rasa syukur. ia mengatakan, sebelum berangkat ke Tanah Suci baiknya muhasabah diri dan banyak bertaubat serta berdoa agar dijaga hatinya oleh Allah agar khusyuk beribadah, karena jika Allah berkehendak semua mudah sekali terjadi.

Sumber : saharakafila.com
Read More
kurma-ajwah

Ini Keistimewaan Dan Manfaat Buah Kurma Tamar ‘Ajwah Kesukaan Rosulullah (Tausyiah)

Kurma adalah buah yang sangat disukai Rasulullah. Kurma banyak tumbuh di Jazirah Arab.

Selain rasanya manis kurma pun memiliki banyak manfaat. Jama’ah Haji dan Umrah rasanya belum afdal kalau tidak membawa oleh-oleh kurma dari tanah suci.

Ada banyak sekali jenis kurma dari tanah suci, tapi untuk kali ini kita membahas kurma dari Madinah. Madinah terkenal dengan tanahnya yang subur dan banyak terdapat perkebunan kurma. Pohon kurma memiliki 200 jenis diantara sekian banyak jenis, kurma nabi atau Tamar ‘Ajwah memiliki banyak kelebihan dan keutamaan yang pernah di hadistkan Rasulullah.

“Siapa makan tujuh biji Tamar ‘Ajwah pada waktu pagi niscaya racun dan sihir tidak akan mengenainya pada hari itu” (diriwayatkan Sa’ad bin Abi Waqqas).

Kurma Tamar ‘Ajwah berukuran lebih kecil, dan warnanya lebih hitam dibanding Kurma lainya. Selain itu juga dari kandungan kurma ajwa terdapat sekali zat zat yang sangat di perlukan oleh tubuh. Menurut penelitian para ahli menyebutkan bahwa kurma Tamar ‘Ajwah banyak mengandung zat besi, potasium kalsium dan masih banyak lagi zat yang di perlukan tubuh untuk menunjang kesehatan.

Selain rasanya yang memang lebih enak, zat yang terkandung didalamnya pun begitu baik sehingga jenis kurma ini lebih populer di banding jenis kurma kurma yang lain.

Kurma ini merupakan kesuakaan Nabi, harganya pun cukup mahal dibanding dengan kurma lainnya, harganya mencapai lima kali lipat dari harga kumra biasa tapi memang rasa dan khasiatnya luar biasa, jadi tidak heran banyak orang yang berburu kurma ini merogoh kocek yang cukup lumayan dengan tujuan mendapatkan fadhilah seperti hadist Rasulullah.

Sumber : republika.co.id

Read More
maulid-nabi-ayo-umroh-fb

SELAMAT MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW, 12 RABIUL AWWAL 1437H

“Sesungguhnya Orang Yang Paling Dekat Denganku Pada Hari Kiamat Adalah Orang Yang Banyak Berselawat Kepadaku.” (Al-nassai & Ibnu Hibban)

Read More
umroh-by-ettihad

Cara Gampang Agar Dapat Berangkat Umroh

Sebagai orang islam tentunya punya harapan bisa mengunjungi kota suci mekah dan madinah untuk melaksanakan ibadah Haji atau umroh. Permasalahannya tentu saja karena biaya melaksanakan haji dan umroh yang cukup besar walaupun menabung sekalipun tidak mudah bagi setiap orang islam untuk melakukannya.

Kenyataannya tidak setiap orang yang berhasil melaksanakan ibadah umroh adalah orang kaya, banyak juga yang dari masyarakat yang sederhana. Bisa karena keinginan kuat akhirnya bisa menabung sedikit-demi sedikit. Atau bisa juga karena bantuan orang lain yang memberangkatkannya. Orang lain disini bisa anak, orang tua ,mertua dan juga lainnya-lainnya. Setidaknya kalo memang kita punya keinginan yang kuat untuk pergi ke tanah suci untuk berumroh ada yang bisa kita lakukan selain menabung adalah dengan cara berdoa agar Allah mempermudah keinginan kita supaya bisa memenuhi panggilannya.

Berikut ini cara doa agar gampang umroh :

1. Berdoa setelah sholat fardu.

Sholat lima waktu adalah wajib hukumnya bagi orang islam. Berdoa setelah sholat lima waktu termasuk juga doa yang mustajabah. Berikut ini hadist yang memperkuat pernyataan di atas:

Dari Abu Umamah, dia berkata; “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: “Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib.” (HR. at-Tirmidzi)

2. Doa di sepertiga malam terakhir.

Di akhir malam yang sunyi adalah saat yang tepat untuk kita bangun sholat tahajud dan berdoa agar diberi kemudahan dan menemukan cara gampang melakukan ibadah umroh. Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah Tabaraka wataa’la turun ke langit dunia pada setiap malam, yaitu pada 1/3 malam terakhir seraya berfirman, ‘Siapa yang berdo’a kepadaKu niscaya akan Aku kabulkan dan siapa yang meminta kepadaKu niscaya akan Aku berikan dan siapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari terbaik di setiap minggunya. Di hari ini ada waktu dimana doa dikabulkan oleh ALLoh. Sebagaimana hadit rosululloh shallahuaalaihi wasalam:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menuturkan perihal hari Jumat lalu beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

4. Mengiringi Doa dengan amalan terbaik kita. Setiap orang biasanya punya kelebihan sendiri-sendiri dalam beramal. Misalnya rajin sholat jamaah di masjid, rajin membaca alquran atau punya amalan dzikir yang istiqomah kita kerjakan. Nabi dalam banyak kesempatan banyak ditanya oleh para sahabat tentang amalan apakah yang paling utama?  Maka Nabi menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda melihat dari kondisi si penanya. Dalam suatu kesempatan ketika Nabi ditanya tentang amalan yang paling baik? maka nabi menjawab Sholat tepat pada waktunya. Di kesempatan lain nabi menjawab  amalan yang paling baik adalah Al haallul murtahilu yaitu membaca alquran dari awal sampai akhir kemudian setelah selesai segera memulainya lagi dari awal. Di kesempatan lain lagi menjawab amalan yang paling baik adalah yang kontinyui atau istiqomah.

semoga Alloh benar-benar mempermudah kita bisa pergi ke Tanah suci untuk melakukan ibadah Umroh.

Sumber : tatacara.net

Read More
kabah-di-masjidil-haram-makkah-arab-saudi

Menjaga Tetap Mabrurnya Ibadah Umroh Hingga Tiba Di Tanah Air (Tausyiah)

Selepas umroh dan mendapat umroh yang mabrur (harapan kita semua) maka yang tidak kalah penting adalah menjaga amalan supaya umroh yang kita laksanakan tidak sia-sia. Pada hakikatnya sesuai dengan dengan tujuan umroh sendiri ada 3 hal penting untuk selalu diingat dalam ibadah Umroh agar tetap mabrur, yaitu:

1. Makna thawaf adalah menjaga hati selalu bersama dengan ALLAH SWT. Maka selepas umroh kita juga harus melatih diri untuk selalu ingat kepada ALLAH SWT setiap saat dan keadaan sehingga ingat kepada makhluk maka ingat kepada sang penciptanya yaitu ALLAH SWT. Ketika melihat langit maka kira rasakan dalam hati kehebatan ALLAH SWT yang mampu menyangga langit begitu luas tanpa atap. Imam ghazali berkata makhluk adalah seperti boneka yang ditarik benang-benang dari atas. makhluk tidak bisa berbuat manfaat atau mudharat kecuali dengan izinnya ALLAH SWT.

2. Makna Sa’i adalah menjaga diri untuk tidak keluar dari batasan ALLAH SWT walaupun dalam kondisi apapun juga. Lihatlah Siti Hajar walaupun dalam kondisi yang kehausan di tengah padang pasir yang panas tetapi karena ingat pesannya Nabi Ibrahim untuk tidak keluar dari komplek masjidil haram, maka ia hanya berlarian kesana kemari tanpa melupakan perintah suaminya. Dalam hidup kita akan banyak ujian yang akan kita terima, maka sesuai dengan makna sai yang pernah kita lakukan kita berjanji untuk tidak keluar dari batasan batasan ALLAH SWT. Misalnya saja dalam masalah rezeki. Problem rezeki adalah hal yang jamak terjadi karena kita masih hidup di dunia. Jangan sampai karena kekurangan rezeki kita keluar dari batasan untuk mencari rezeki yang halal.

3. Makna ziarah ke madinah adalah mengingatkan kita akan dan tugas dan tanggung jawab kita sebagai penerus rosulloh untuk mengamalkan dan menyebarkan agama yang rahmatan lilalamin. Minimal sekali kita bertanggung jawab terhadap kelangsungan kehidupan agama di keluarga dan lingkungan sekitar kita seperti misalnya hidupnya masjid dimana kita berdomisili. Meluangkan masa untuk membantu memakmurkan masjid di tengah kesibukan kita dan aktif dalam kegiatan yang ada adalah hal-hal kecil yang mungkin kita bisa lakukan.

Yang tidak kalah penting adalah berdoa agar kita bisa menjaga umroh tetap mabrur selepas pulang dari umroh dan hidup dalam tuntunan agama sebagaimana yang dicontohkan oleh nabi dan para sahabatnya.

Sumber : tatacaraumroh.net

Read More
sholat-berjamaah-di-masjid-istiqlal

Inilah Keutamaan Sholat Berjamaah Di Mesjid (Tausyiah)

Nabi sangat menganjurkan terutama bagi laki-laki untuk menjalankan sholat lima waktu berjamaah di masjid. Bahkan nilainya disebutkan 27 kali lipat lebih baik. Pernyataan nabi ini dikarenakan begitu besarnya keutamaan sholat berjamaah di masjid. Berikut ini beberapa keutamaan sholat berjamaah di masjid.

1. Rajin berjamaah di masjid adalah tanda keimanan. Alloh swt berfirman: hanyalah orang yang memakmurkan masjid-masjid Alloh, orang yang beriman kepada Alloh dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut siapapun selain kepada Alloh, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang  yang mendapat petunjuk (Qs At taubah:18). Ayat di atas menjelaskan hubungan yang erat antara masjid dan keimanan seseorang.

2. Meningkatkan kualitas kita. Langkah kaki orang berjalan menuju masjid, langkah pertama meningkatkan derajat, langkah berikutnya menggugurkan dosa-dosa (Hr Ahmad)

3. Masjid adalah pusat ilmu, selain untuk menjalankan sholat, di masjid dijadikan tempat untuk majelis ilmu/pengajian. Sehingga orang yang sering ke masjid dipastikan kepahaman ilmunya  pasti lebih tinggi dari yang jarang ke masjid.

4. Masjid juga tempat untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Sebagai makhluk sosial tentu saja kita butuh bersosialisai dengan warga di sekitar rumah kita. Masjid adalah tempat terbaik untuk bertemu, bertukar pikir dengan warga di sekitar rumah kita.

Tata cara sholat berjamaah di masjid

Ketika mendengar adzan, maka berwudlu di rumah dengan sempurna, setelah itu berjalanlah di masjid dengan tenang. walaupun mungkin iqomah telah terdengar tetaplah tenang berjalan di masjid, jangan berlari walupun akan tertinggal sholat jamaah.

Setelah sampai di masjid sholatlah 2 rakaat takhiyatul masjid bila sholat jamaah belum dimulai, bila sudah dimulai jangan lakukan sholat takhiyatul masjid tetapi langsung mengikuti sholat berjamaah. Ikutilah gerakan imam sampai selesai. Bila kita di awal kita mengikuti imam tertinggal  1 rakaat maka selepas salam jangan ikut salam , sempurnakan kekurangan sholat yang satu rakaat sampai selesai. begitu juga bila kurang 2 rakaat dan seterusnya.

Selepas sholat bila imam memimpin wirid maka ikutilah juga, bila kita punya amalan infirodi (pribadi) yang didapat dari guru-guru kita akan lebih baik bila kita baca selepas itu supaya tidak saling menggangu.

Sumber : tatacaraumroh.net

Read More
sopir-taksi-naik-haji

Kisah Supir Taksi Yang Mendapatkan Penghargaan Menjadi Tamu Allah Ke Baitullah

Bisa berkunjung ke tanah suci untuk berhaji atau umroh tentu saja adalah dambaan setiap muslim. Apa daya biaya ke sana yang cukup mahal akhirnya membuat tidak semua yang berkeinginan, bisa melakukannya.

Namun Allah adalah Maha berkehendak, selalu saja ada jalan menuju ke Mekah. Tidak terkecuali kisah di bawah ini, tentang seorang sopir yang tidak menyangka akhirnya bisa berziarah ke tanah suci untuk melakukan ibadah umroh.

Adalah Muhtamil, seorang sopir taksi yang mendapatkan penghargaan sebagai Awak Kendaraan Umum teladan (AKUT) tingkat nasional yang di selenggarakan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sebagaimana di ketahui setiap tahun dinas perhubungan selalu menyelenggarakan kompetisi Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) untuk mendorong sopir atau pengemudi angkutan umum untuk tertib berlalu lintas sehingga mengurangi kemacetan dan kecelakaan di jalan raya, memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang. Kompetisi ini diselenggarakan di tingkat provinsi, pemenangnya akan diikutkan di tingkat nasional.

Di tahun 2016 kompetisi tingkat nasional diikuti 55 pengemudi dari 28 provinsi di indonesia. Pemenangnya diambil dari peserta yang mendapatkan nilai tertinggi dari beberapa tes dan penilian yang berupa  tes tulis, keselamatan lalu lintas, defensif driving, jasa raharja dan kekompakan.

Untuk tahun 2016 ini Muhtamil-lah pemenang Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) tingkat nasional dan berhak mendapatkan hadiah 8 juta. Atas prestasinya tersebut selain hadiah dari Dinas perhubungan, Muhtamil juga mendapatkan penghargaan dari kantornya taksi Blue Bird berupa umroh gratis.

Vice president operational taksi Blue Bird Agus Sulistyono mengatakan  penghargaan tersebut diberikan kepada pengemudinya yang terbukti berprestasi atau melakukan perbuatan teladan.

Untuk umroh gratis taksi Blue Bird selalu memberikannya kepada karyawannya setiap tahun 3 kali. Semoga kisah ini menjadi motivasi bagi siapa saja untuk selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan keahlian dan profesinya masing-masing.

Haji dan umroh memang kewajiban bagi yang mampu. Dan Allah yang me’mampu”kan bagi hamba-hamba yang memang pantas menghadap-Nya di tanah suci.

Amien ya rabbal alamien.

Sumber : tatacara.net

Read More
tips-agar-bisa-cepat-berangkat-haji-umrah

Tips Agar Bisa Menabung Untuk Umroh

Untuk bisa berumroh ke tanah suci tentu saja butuh biaya yang tidak sedikit. Bagi kebanyakan orang untuk bisa pergi umroh kalau melihat secara dhahir tentu hanya orang yang berkecukupan saja yang bisa melaksanakannya. Memang kewajiban berumroh adalah bagi orang-orang yang mampu.

Namun  faktanya banyak juga orang yang dari keluarga sederhana yang akhirnya bisa pergi berumroh walaupun harus menabung bertahun-tahun. Sekali lagi inilah pentingnya punya niat yang kuat. Dengan niat yang kuat inilah kita bisa punya motivasi untuk tirakat dan menyisihkan uang yang kita punya untuk diisi di tabungan untuk umroh.

Berikut ini ada beberapa tips supaya kita bisa menyisihkan penghasilan kita sehingga bisa buka tabungan umroh:

1. Tentukan tujuan dalam membuka tabungan umroh apakah untuk pribadi atau untuk orang tua misalnya. Jika untuk sendiri akan lebih baik jika kita membuka tabungan haji karena haji adalah wajib sedangkan umroh adalah sunah. Tapi jika untuk orang tua, mengingat daftar orang yang akan berangkat haji cukup panjang bisa 15-18 tahun, jika kita mendaftarkan haji orang tua kita sekarang, mungkin dari segi usia tidak akan mencukupi. Alternatif terbaiknya adalah mendaftarkan umroh.

2. Tetapkan target kapan bisa berangkat umroh. Penetapan target ini tentu ada hubungannya dengan kemampuan kita menyisihkan uang perbulan untuk disi ke tabungan umroh.

3. Besarnya uang yang kita bisa sisihkan adalah selisih antara pendapatan yang kita terima dikurangi pengeluaran-pengeluaran rutin dan tak terduga setiap bulan. Oleh karena kita ada baiknya jika kita mulai melakukan pencatatan berapa besarnya pengeluaran rutin tiap bulan. Dengan adanya catatan paling tidak kita bisa melihat bila ada pengeluaran rutin yang bisa dihapus atau dikurangi supaya bisa diisi ketabungan umroh.

4. Memotivasi diri dengan membaca buku keutamaan Haji dan Umroh. Dengan mengetahui fadilah atau keutamaan amal dari ibadah haji dan umroh akan membangkitkan semangat kita untuk bisa menabung. Setidaknya inilah yang bisa kita lakukan  di tengah gempuran konsumerisme di sekelingi kita.

5. Sering kali kita berpikir supaya tabungan umroh kita cepat banyak, caranya adalah dengan menambah penghasilan baik itu dari bisnis sampingan dan lain-lain. Untuk perkara ini akan lebih baik jika  kita hati-hati dalam menambah penghasilan jangan sampai terjerumus dalam pekerjaan yang subhat bahkan haram. Alloh tentu tidak akan menerima amal yang yang dikerjakan yang didapatkan dari sumber yang tidak baik.

6. Membiasakan hidup hemat. Lihatlah semut ketika musim panas makanan yang ia dapat disimpan untuk persiapan untuk musim dingin ketika bahkan untuk keluar rumahpun tidak bisa karena cuaca yang tidak memungkinkan. Kesederhanaan akan berguna baik ketika kaya apalagi ketika kita miskin.

7. Jangan terlalu lama menyimpan uang lebih di dompet. Sekarang di bank sudah ada cash deposit machine (CDM) sehingga kita bisa memasukkan uang di tabungan tanpa antri lebih dulu. Antri inilah yang sering membuat kita malas untuk menabung apalagi bila uang yang akan ditabung sedikit.

8. Teruslah menabung walaupun kalau kita hitung tidak akan mungkin kita bisa berangkat haji atau umroh dengan uang hasil tabungan kita yang tidak seberapa. Menabung adalah salah bukti kita mempunyai niat yang kuat untuk berangkat haji dan umroh, selebihnya kita berserah diri biar Alloh saja yang memberangkatkan untuk memenuhi panggilannya.

Semoga artikel tentang buka tabungan umroh, yuk! yang berisi tips untuk menyisihkan uang supaya bisa berangkat umroh ini bermanfaat. Dan jika jamaah ingin menyisihkan uang untuk biaya ibadah umroh, bisa menghubungi kami di “Program Cicilan Ayo Umroh” bersama kami, Vicky : (082211551252/WA), Antares : (081299191827/WA)
CS dan Admin Ayo Umroh
Vivi : (082260352210/WA)
email
info@ayoumroh.co.id
cs@ayoumroh.co.id
“Bersama Ayo Umroh, Wujudkan Niat Anda Pergi Ke Baitullah.”
. Semoga bermanfaat.

Sumber : tatacaraumroh.net

Read More
kabah

Hikmah Yang Tersembunyi Di Balik Ibadah Umroh (Tausyiah). Jamaah Perlu Mengetahuinya

Ibadah umroh juga mempunyai makna yang dalam bagi orang yang mengetahuinya. Hikmah dalam ibadah umroh adalah pemandangan cinta dan rindu. Tidak mungkin orang datang ratusan kilometer dari rumahnya hanya untuk datang ke Baitulloh tanpa didorong persaan cinta dan rindu. meninggalkan keluarganya dan kampung halamannya untuk waktu tertentu, hanya orang yang dimabuk cinta saja yang akan tahu.

Pada dasarnya ada dua hubungan manusia dengan sang penciptanya yaitu Allah swt. Hubungan yang pertama adalah menunjukkan ketaatan dan kehambaan. Hal ini banyak tercermin dalam ibadah yang kita lakukan, misalnya dalam hal sholat. Semua perkara dalam sholat menunjukkan hal ini.

Dimulai dari sebelum sholat maka kita memakai pakaian yang pantas, kemudian dengan penuh ketenangan mengambil air wudlu. Setelah itu mulai sholat dengan penuh ketakziman mengangkat kedua tangan sampai telinga sambil mengagungkan kebesaran  dan merasakan kehadiran Allah swt lalu bersedekap. Demikian juga ketika meletakkan kepala di atas tanah menunjukkan ketaatan dan kelemahan kita dihadapan Allah swt.

Hubungan yang kedua adalah hubungan cinta kasih. Hubungan ini bisa dilihat dalam hikmah melaksanakan ibadah umroh. Dimulai dari sejak awal meninggalkan keluarganya menuju rumah sang kekasih. Ia lewati lorong dan jalan menuju rumah kekasihnya. Jika dalam perjalanan untuk menjumpai kekasihnya ia mendapati kesukaran dan penderitaan maka tentu saja hal ini akan terasa ringan.

Setelah itu memakai pakaian Allah swt juga menunjukkan cinta. Tidak ada penutup kepala, tidak ada baju diatas badan, dalam keadaan seorang fakir dan tidak memakai wangi-wangian dan perhiasan. Kemudian thawaf dimulai dengan mencium hajar aswad yang didalam hadist disebutkan sebagai tangannya Allah swt. Oleh karena itu mencium hajar aswad seolah-olah mencium tangan Allah swt.

Dan ini adalah karunia yang besar karena Dia telah memberikan keberuntungan ini kepada manusia yang dipilihnya untuk datang menghadap-Nya. Setelah itu berlarian antara shafa dan marwa adalah gambaran seseorang yang dilanda cinta. Tanpa memakai penutup kepala dan memakai baju pada saat Sai berlarian kesana kemari.

Pada akhirnya ditutup dengan memotong sebagian rambut kita yang artinya adalah membuang pikiran pikiran kotor yang ada dalam otak kita. Semua yang terjadi awalnya dari pikiran, oleh karena itu selepas umroh setiap melangkah kaki ketika kita melakukan aktifitas apa saja selalu dasarilah dengan rasa cinta hanya mengharap ridha dari Allah swt saja.

Demikian hikmah di balik ibadah umroh yang kita lakukan, semoga menambah pengetahuan kita tentang ibadah ini dengan lebih baik (Fadilah haji dan Umroh).

Sumber : tatacaraumroh.net

Read More
kota_mekkah

Jamaah Harus Mengetahui Keutamaan Dari Kota Makkah (Tausyiah)

Selain melaksanakan ibadah umroh di Mekkah, disana masih ada tersisa beberapa hari yang kita bisa kita pergunakan untuk memaksimalkan ibadah kepada Allah SWT. Biasanya jadwal umroh 9 hari digunakan untuk perjalanan 2 hari sisanya 3 hari di Madinah dan 4 hari di Makkah.  Oleh karena itu penting juga jamaah mengetahui keutamaan kota Mekkah supaya kita bisa menjunjung tinggi adab selama berada di kota ini. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan mengapa kota mekah adalah termasuk kota utama dalam agama islam:

Keutamaan kota Mekah

Kota Mekah atau Mekkah atau Makkah al mukarramah yang biasa disingkat  dengan Makkah adalah negeri Allah yang suci. Oleh karena itu kita biasa menyebut pergi ke Mekkah dan Madinah dengan pergi ke tanah suci. Mekkah adalah tempat turunnya wahyu ilahi, sumber risalah, tempat paling suci yang ada di muka bumi ini, kota yang paling dicintai Allah SWT dan rosulnya shallallahu alaihi wa salam.

Allah SWT memilihnya untuk menjadi lokasi rumahnya yang suci dan tempat tinggal untuk nabi Ismail alaihisalam dan tempat kelahiran penutup para nabi: Muhammad shallahu alaihi wa sallam.  Mekah adalah kiblat kaum muslimin, tempat berpautnya hati mereka, tujuan haji dan umroh,. Allah mengkhususkan Mekah dengan kemulian darinya di dalam alquran dan dia menjadikannya kota suci yang aman sampai hari pembalasan. Telah banyak nash-nash yang menjelaskan keutamaan kota mekkah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Terdapat rumah Allah SWT didalamnya, Allah SWT berfirman:

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk beribadah adalah Baitullah yang ada di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk untuk semua manusia (Ali Imron: 96)

b. Dilipatkan pahala sholat didalamnya, diriwayatkan dari Jabir rodiyallahu bahwa Rosululloh shallahu aaihi wa salam bersabda: Shalat di masjidku lebih baik dari seribu shalat di selainnya kecuali di Masjidi Haram dan shalat di Masjidi haram lebih baik dari seratus ribu shalat selainnya.

c. Dijadikannya sebagai tanah haram (suci) dan aman, Allah berfirman:

Barang siapa memasukinya menjadi amanlah dia (Ali Imron: 97)

Dan telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas rodiyallohu anhuma bahwa nabi bersabda pada hari penaklukan kota mekah:

Sesungguhnya negeri ini Allah ta’ala mengharamkannya sejak hari penciptaan langit dan bumi, dan dia tetap haram dengan pengharaman dari Allah ta’ala sampai hari kiamat. Dan sesungguhnya tidaklah dihalalkan peperangan didalamnya untuk seseorang sebelumku, dan tidaklah dihalalkan bagiku kecuali sesaat saja dari siang hari maka dia tetap haram dengan pengharaman Allah ta’ala sampai hari kiamat.

d. Dilipat gandakan rizki didalamnya, Allah ta’ala berfirman;

Dan apakah kami tidak meneguhkan kedudukan mereka dalam daerah haram (tanah suci ) yang aman, yang didatangkan ketempat itu buah buahan dari segala macam (tumbuh-tumbuhan) untuk menjadi rezeki bagimu dari sisi kami? Tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui (alqashash: 57)

Dan didalam hadist shahih rosululloh shallahu alaihi wasalam :

Sesungguhnya Ibrahim telah menjadikan kota Mekah tanah haram dan berdoa meminta barokah bagi kota Mekkah. Dan aku menjadikan Madinah sebagai tanah haram sebagaimana Ibrahim menjadikan Mekkah sebagai tanah haram. Aku mendoakan barokah bagi kota Madinah pada mud dan sha nya dua kali lipat seperti doa nabi Ibrahim bagi Mekkah.

e. Diselamatkan dari Dajjal. Dari Anas rodiyallahu anhu bahwa nabi shallahu alaihi wasalam bersabda;

Tidak ada satu negeripun melainkan akan diinjak oleh dajjal kecuali Mekkah dan Madinah, tiada jalanpun dari jalan-jalnnya kecuali dijaga oleh malaikat yang berbaris.

f. Iman akan kembali ke Mekkah, seperti sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar rodiyallahu anhumma bahwa nabi shallahu alaihi wa salam bersabda:

Islam dimulai dalam keadaan asing dan akan kembali asing sebagaimana semula. Dan dia akan kembali berlindung di dua masjid sebagaimana ular yang kembali ke berlindung ke lubangnya. Imam Nawawi berkata yang dimaksud 2 masjid adalah Masjid Mekah dan Madinah. Demikian artikel tentang keutamaan Kota Mekah, supaya kita bisa beribadah dengan baik disana.

Sumber : tatacaraumroh.net

Read More